KADER BANGSA FELLOWSHIP

KADER BANGSA FELLOWSHIP
PROGRAM ANGKATAN III
(AKADEMI DEMOKRASI, KEPEMIMPINAN, DAN KEBANGSAAN)
Regional Jawa Tengah dan DIY
Yogyakarta, Senin-Kamis, 12 -16 Maret 2012

1. LATAR BELAKANG

Perdana Menteri Pertama dalam sejarah Republik, Sutan Sjahrir, suatu kali pernah menyatakan bahwa untuk memetakan jalan menuju kemerdekaan maka tugas yang paling pertama dan utama adalah melalui jalur pendidikan. Maka kesadaran kebangsaan dan hasrat kemerdekaan pun saat itu menemukan jalan perjuangannya melalui sebuah gerakan pedagogis yang berhasil membangun kesadaran baru, sebuah kesadaran yang ’membebaskan’, sebuah transformasi ke-jatidiri-an dalam lintasan sejarah bangsa terjajah, kaum bumiputera, untuk bangkit dan lepas dari jeratan kolonialisme dan imperialisme.

Tak berbeda dengan saat ini, sebuah zaman bergerak – meminjam istilah Takashi Shiraishi untuk melukiskan zaman pergerakan rakyat di Jawa pada 1912-1926 – kembali kita saksikan di awal abad 21 ini ketika globalisasi semakin masif dan hadir mempengaruhi dan menggeser setiap relung realitas dan kesadaran kita, dan kita tak bisa tidak harus pula meresponnya atas nama keharusan dan kesempatan sejarah. Sebuah sejarah yang bergerak tentunya mengundang perubahan yang tak sederhana urusannya. Pemahaman yang kritis kembali kita perlukan, dengan tujuannya yang tetap, meminjam Critical Pedagogy-nya Paulo Freire, yakni sebuah ’pembebasan’ dan ’pemberdayaan’ yang kritis, bagi anak bangsa Indonesia khususnya dan kemanusiaan secara luas. Sebuah tugas-tugas pedagogik diperlukan untuk menerjemahkan sebuah zaman bergerak ini. Kata-kata seperti globalisasi, demokrasi, pasar bebas, Human Development Index, serta nasionalisme harus dicarikan pemaknaannya untuk seluas-luasnya relevan dengan pemberdayaan dan kesejahteraan sosial.  Dan jika kita percaya globalisasi itu adalah sebuah konstruktivisme sejarah sifatnya maka untuk itu diperlukan sebuah konstruk pemahaman baru untuk menerjemahkan globalisasi agar tetap dalam frame ke-Indonesia-an, keadilan sosial dan kepentingan nasional.

Kader Bangsa Fellowship Program adalah sebuah kegiatan pedagogik yang bertujuan untuk memelopori penguatan pemahaman tentang zaman bergerak ini dengan fokus kepada para pemimpin muda Indonesia. Pergeseran sejarah bukan hanya milik elit, bukan hanya milik parpol, konglomerat atau penguasa. Sebuah transformasi sosial harus melibatkan rakyat dan menjadikan rakyat sebagai aktor utama, bukan sebagai penonton. Maka, penguatan tradisi-tradisi demokrasi partisipatoris sangat penting agar rakyat menjadi berdaya dan demokrasi pun menemukan makna tranformatifnya.

Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) sejauh ini telah berhasil melahirkan dua angkatan untuk tingkat nasional yang pelaksanaannya di Jakarta. Peserta untuk dua angkatan tersebut berasal dari Aceh sampai Papua, dengan latar belakang profesi khususnya staf pengajar, pengamat ekonomi-politik, dan pembentuk opini di daerahnya masing-masing. Untuk KBFP III kali ini, kami memfokuskan untuk lebih terjun ke daerah. Jawa Tengah dan DIY adalah fokus saat ini, dengan peserta lebih luas yakni aktivis LSM, staf pengajar/peneliti, PNS, wartawan, ormas pemuda, karang taruna, seminan dan pengusaha kecil, dengan memberikan porsi yang besar untuk perempuan. Program ini menjadi wahana diskusi bagi para pemimpin muda yang kami seleksi dari regional Jawa Tengah dan DIY. Tujuannya adalah membentuk jejaring strategis antar pemimpin muda sekaligus memperkuat kapasitas para pemimpin muda tersebut yang kelak akan menjadi para pemimpin Republik. Metode pengajaran akan tetap sama yakni dilakukan secara andragogik, diskusi kritis, penulisan opini, presentasi kelas, dan pengembangan keahlian.

2. TUJUAN KADER BANGSA FELLOWSHIP PROGRAM
Melakukan capacity building dan pendidikan kepemimpinan bagi kaum muda secara nasional maupun di daerah dimana diharapkan mereka akan menjadi penggerak civic-civic forum dalam tiap-tiap komunitasnya.
Sebagai bentuk pendampingan calon pemimpin dan opinion leaders.
Membangun jejaring pemimpin muda nasional-lokal.

3. PERSYARATAN PESERTA
Jumlah peserta ’Kader Bangsa’ Angkatan III terbatas maksimal 50 orang dengan persyaratan:
a. Persyaratan Umum
Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia. Untuk KBFP III, yang berdomisili di Jawa Tengah
Mempunyai minat besar dalam hal kepemimpinan dan kebangsaan
Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap, disertai pengalaman berorganisasi, alasan dan harapan mengikuti program ’Kader Bangsa’, serta rencana setelah mengikuti program ’Kader Bangsa’
Berkomitmen mengikuti jadwal dan aturan pelatihan yang telah ditentukan dan program pasca pelatihan
Membuat Pakta integritas tidak terlibat KKN dan memiliki komitmen terhadap nilai-nilai kebangsaan
Menyertakan esai singkat (maksimal 1000 kata/1 halaman) yang dipublikasikan di media lokal, nasional, maupun blog pribadi dengan tema (pilih salah satu)
1. Globalisasi, negara, pasar dan masyarakat sipil
2. Kepemimpinan dan kemandirian nasional
3. Keberagaman dan ke-Indonesiaan

b. Persyaratan Khusus
1. Pendamping Koperasi Simpan Pinjam
Bukti usaha selama minimal 1 tahun
Memiliki keanggotaan minimal 50 orang
2. Pengajar/Peneliti/PNS
Menyertakan fotokopi ijazah terakhir (dalam bentuk pdf) dan pas foto terakhir (dalam bentuk jpeg)
Surat referensi dari atasan atau ketua jurusan
3. Aktivis LSM/Ormas Kepemudaan/Karang Taruna
Bukti kegiatan advokasi atau pendampingan (dalam bentuk laporan dan/atau visual)
4. Seniman
Contoh karya yang memiliki keberpihakan kepada masalah sosial dan kebangsaan
5. Wartawan
Surat referensi dari atasan/editor/pemred/kepala biro daerah

4. KAPAN DAN DIMANA DILAKSANAKAN?
Angkatan III Kader Bangsa diselenggarakan pada:
Hari/tanggal    : Senin – Kamis, 12 – 15 Maret  2012
Jumlah Peserta    : 50 orang
Tempat        : Hotel Santika Premiere, Jl. Jend. Sudirman No.19, DI Yogyakarta *)

5. PENDAFTARAN
Untuk pendaftaran peserta, silahkan isi formulir aplikasi di bawah ini dan kirimkan kembali melalui e-mail siperubahan@gmail.com atau melalui faks. ke (021) 57942127, paling lambat tanggal  4 Maret 2012
Peserta tidak dipungut biaya apapun.
Panitia menanggung biaya akomodasi dan transportasi peserta selama pelatihan.
Informasi progam dapat menghubungi kantor Sukarelawan Indonesia untuk Perubahan
Telepon              : (021) 57942056 / (021) 95880769 / 0812 8611 3811   (Thysa)
Faks                 : (021) 57942127
Email                : siperubahan@gmail.com
Informasi juga dilihat      : http://www.siperubahan.org

6. PENGUMUMAN
Calon peserta akan diseleksi dan dipilih oleh panitia. Peserta terpilih adalah hasil seleksi panitia yang tidak bisa diganggu gugat. Peserta terpilih akan diumumkan melalui e-mail dan faks pada tanggal  7 Maret 2012.

Bagi calon peserta yang tidak terpilih bisa mendaftar untuk program KADER BANGSA FELLOWSHIP PROGRAM pada periode berikutnya. Bagi peserta yang terpilih mohon mengkonfirmasikan keikutsertaan paling lambat tanggal 9 Maret 2012.

formulir (click to download)

KBFP-II-Formulir-Pendaftaran

 

telusur

http://siperubahan.org/program/kader-bangsa

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: